Senin, 21 Januari 2013

Internet Marketing

Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan World Wide Web.
Produk yang dipasarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain (affiliasi) dengan pembagian komisi dalam jumlah tertentu (sistem persentase). Pelaku internet marketing biasa disebut dengan Internet Marketer.
Di bawah ini tercantum jenis-jenis atau tipe-tipe internet marketing (e-marketing) .
Pemasaran secara online (e-marketing) dapat dikelompokkan dalam beberapa elemen yang tertulis pada poin-poin di bawah.
Setiap metode memiliki tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.



Tipe Internet Marketing


• Banner Advertisement (iklan melalui banner)
.
Jenis internet marketing ini ialah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels atau 200 x 200 pixels atau bisa juga disesuaikan dengan keadaan yang ada) yang dipasangkan pada website penyedia iklan atau website orang lain.
Iklan banner ini dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website atau blog Anda. Sebaiknya Anda harus menyajikannya semenarik mungkin supaya calon pembeli membeli produk Anda atau tertarik pada sesuatu yang ada pada website Anda.

• Sponsorship.
Jenis internet marketing ini adalah melakukan kegiatan tersebut untuk memikat calon pembeli,supaya benar-benar mau dan bersedia membeli produk dari Anda. Bisa dikatakan jika ada calon pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda maka Anda bisa memberikan bonus berupa link, uang, atau beberapa hal yang lain yang dirasa bermanfaat bagi pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda.

• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
.
Jenis internet marketing ini ialah seperti pada klasifikasi di surat kabar,koran, majalah. Klasifikasi online ialah cara yang sangat baik dan istimewa untuk memasang bisnis Anda yang ditujukan pada orang-orang yang siap untuk membeli produk Anda hasilkan. Kekuatan yang lebih hebat atau kelebihan atau bisa disebut keunggulan dari klasifikasi online dibandingkan dengan klasifikasi offline yaitu pengguna bisa mencari produk dengan cepat dan tepat dengan memanfaatkan form pencarian yang sudah terindeks dalam database.

• Email Marketing (pemanfaatan email).
Jenis internet marketing ini ialah pemasaran dengan memanfaatkan email pada penyebarannya. Email marketing bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu: 1) Dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Misalnya, ketika Anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online Mitra Jaya Langgeng Abadi, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini merupakan cara ampuh untuk menarik calon pembeli Anda untuk segera membeli produk dari Anda. 2) Dengan secara langsung mendistribusikan atau mengirimkan e-mail Anda kepada calon pelanggan atau calon pembeli yang berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sebaiknya Anda memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan. Hal itu dimaksudkan supaya calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik dalam menanggapi produk yang telah Anda tawarkan. 3) Anda bisa menyediakan fasilitas email subsriber pada website yang Anda miliki. Jika netter melakukan pendaftaran melalui e-mail subsriber yang ada pada website Anda, maka setiap kali Anda melakukan update pada website yang meliputi ( posting artikel atau produk ), maka email notifikasi bisa sampai kepada netter yang telah mendaftar secara otomatis dari setiap apa yang telah Anda update dari website Anda.

• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. contohnya ialah http://www.amazon.com.

• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Netter biasanya mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan Anda (usaha Anda) belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo). Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs Anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo, apalagi pada halaman pertama . Banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya website yang Anda miliki terindeks pada mesin pencari tersebut (Google atau Yahoo) yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO).

• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial).
Berbagai situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp bisa Anda gunakan sebagai senjata e-marketing yang ampuh dan dahsyat. Facebook dan Friendster menyediakan fasilitas embed audio dan video. Selain itu beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip ialah www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.YouTube.com, dan www.Grouper.com. Memanfaatkan situs jejaring sosial merupakan cara efektif dan ampuh untuk mendemonstrasikan atau menunjukkan kemampuan pengetahuan dan komunikasi Anda untuk mendapatkan calon pembeli. Begitu banyak situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Akan tetapi Anda harus hati-hati, lebih baik Anda tidak menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut bisa menjadi hal yang mengecewakan orang lain dan membuat orang lain beranggapan bahwa Anda tidak bisa menghargai orang lain.

Contoh Internet Marketing

1. Toko versi online dari perusahaan dan toko ritel yang menjual barang-barang di dunia nyata. Biasanya pembeli yang tidak langsung membeli secara online menggunakan situs ini khusus untuk mengumpulkan informasi produk sebelum melakukan pembelian di dunia nyata.

2. Layanan jasa berbasis online - berbagai industri telah beralih ke online mulai dari kencan, perjalanan, perbankan dan bahkan jasa mendapatkan gelar sarjana. Anda bisa mendapatkan layanan ini sebagai ekstensi untuk salah satu industri jasa.

3. Produk berbasis internet oleh Para Ahli Internet Marketing - Pemasaran melalui internet memiliki beragam perintis dan pemasar sukses yang telah memulai metode dan teknik dalam pemasaran online mencakup antara lain pembuat situs web, iklan, artikel dan lain-lain.


4. Promosi online dan iklan, termasuk program pay-per-klik (seperti : Google AdWords) yang berdasarkan perincian kata kunci, yang menjadi kekuatan pendorong utama di balik sebagian besar transaksi keuangan berbasis online.
5. Pemasaran afiliasi (affiliate marketing), anda akan bergabung dengan program afiliasi dan mempromosikan produk dan jasa melalui internet. Anda akan mendukung produk atau layanan, menemukan klien potensial bagi perusahaan afiliasi, dan anda akan menerima komisi tertentu untuk setiap penjualan. Komisi yang akan diterima adalah sekitar 2-50 persen, tergantung pada syarat dan kondisi yang dinyatakan di bawah program afiliasi. Satu  klik afiliasi dapat menghasilkan beberapa seb hingga ratusan dolar.

1 komentar: