Sabtu, 26 Januari 2013

Web Advertising


Macam - Macam Web Advertising

1. Direct Advertising , di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

2. Self-service Advertising: Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords.

3. Ad Networks: Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara  pemasang iklan dengan pemilik situs web.  Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.

4. Contextual Advertising: Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

5. Twitter Advertising:  Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.

6. In-Text Advertising: Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.  Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

7. Ad Network Optimization:  Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

8. Rep Ad Agencies: agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.
9. Social Advertising: Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

10. Video Advertising: Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.

11. RSS Advertising: Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

12. Sponsorship: adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.


Contoh iklan toko kaos online

Terima pesanan kaos couple dengan harga murah

dengan kualitas OK punya.
Free ongkos kirim untuk daerah bekasi. dan + Rp 20.000,00- ( dua puluh ribu rupiah ) luar bekasi

Harga Kaos Couple Rp 100.000,00,- ( Seratus ribu rupiah )
Belum termasuk onkos kirim untuk luar bekasi.
Pengiriman melalui JNE 

Pembayaran bisa melalui bank ACB no.rek 123.456.789.100
a.n Andhika Valz






Variasi Warna untuk semua Kaos Couple : Hitam, Biru muda, Putih, Pink, Kuning Muda,


CP:
phone : 021-92888008
Hp : 085788888880
on 7/24


Contoh iklan memakai bahasa inggris

Classifiedads
Free classified ads for cars, jobs, real estate, and everything else. Find what you are looking for or create your own ad for free!
Craiglist
List of all international craigslist.org online classifieds sites.
Classifiedneeds
Free classified local ads Web sites for Rent, Sale, mobile, jobs, used car, house, flat, dating, laptop in Chandigarh, Bangalore, Chennai, Delhi, Mumbai, …
Freeadsportal
Free Classifieds. Classified ads. Free online classified ads. Place free online classifieds with photos and images.
Freeadposting
Post your free ads for huge traffic in the most popular free ad posting site. A free online ad posting site for home business, business opportunities, affiliate …
Classifiedsforfree
Free classifieds and free ads. Post free ads and local ads in 600 US Cities, all US States, and 60 countries. Post free video classifieds and video ads in all local …



Iklan Bahasa Inggris 3 Contoh Iklan Bahasa InggrisIklan Bahasa Inggris 2 Contoh Iklan Bahasa InggrisIklan Bahasa Inggris 1 Contoh Iklan Bahasa InggrisIklan Bahasa Inggris Contoh Iklan Bahasa Inggris

RFID

RFID atau yg disebut juga Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.



Sejarah RFID 

Sebuah teknologi yang lebih mirip, IFF Transponder, ditemukan oleh Inggris di tahun 1939, dan secara rutin digunakan oleh tentara sekutu di Perang Dunia II untuk mengidentifikasikan pesawat tempur kawan atau lawan. Transponder semacam itu masih digunakan oleh pihak militer dan maskapai penerbangan hingga hari ini.




Manfaat RFID 

RFID dimaksudkan untuk membantu dalam mengidentifikasi suatu id. dengan adanya RFID diharapkan dapat mempermudah akses pengenalan sehingga tidak memakan waktu dan juga tidak menggalami kesalahan dalam mengidentifikasian data. Di negara berkembang seperti Singapur dan beberapa negara lain nya terlah memanfaatkan teknologi RFID ini dalam bentuk smart card.



Prinsip Kerja RFID
Pada prinsipnya, RFID menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan informasi atau data antara RFID tag dan RFIDreadernya, sehingga tidak memerlukan kontak fisik diantara keduanya untuk dapat berhubungan. Tidak diperlukannya kontak fisik inilah yang merupakan keunggulan utama dari RFID.
RFID yang bekerja pada sistem operasi rendah (tidak memerlukan kecepatan baca tinggi) beroperasi pada frekuensi rendah antara 300 Hz sampai 3 KHz. Sedangkan untuk yang bekerja pada sistem operasi tinggi beroperasi pada frekuensi tinggi antara 3 MHz sampai 30 MHz.
Sebenarnya, penggunaan RFID ini sudah ada sejak tahun 1920-an.  Suatu teknologi yang dekat dengan RFID , dinamakan IFF transponder, beroperasi pada tahun 1939-an dan digunakan oleh Inggris untuk mengenali pesawat udara musuh atau teman.
Pada saat ini, perhatian terhadap RFID dalam lingkungan media massa maupun akademis yang populer, telah meningkat dalam beberapa tahun ini. Salah satu buktinya adalah usaha dari organisasi-organisasi yang besar seperti Wal-Mart, Procter and Gamble, dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menggunakan RFID sebagai suatu alat untuk mengontrol  secara otomatis terhadap rantai supply mereka. Harga tag yang menurun dan standarisasi yang dinamis telah menyebabkan kita berada pada ambang ledakan penggunaan RFID.



Bagian-bagian RFID

Sistem RFID terdapat dua bagian utama, yaitu:
1. RFID tag. Tag, juga biasa dikenal sebagai transponder. Transponder sendiri berasal dari kata transmitter dan responder. Suatu RFID tag adalah sebuah divais pembawa data yang terbuat dari silikon  chip dilengkapi sebuah radio antena kecil.
RFID tag dapat menyimpan dan mengambil data jarak jauh bila readernya memancarkan sinyal RF dan direspon olehtag. Kontak antara RFID tag dengan reader tidak dilakukan secara kontak langsung atau mekanik melainkan dengan pengiriman gelombang elektromagnet. Kode-kode RFID tag dapat dibaca pada jarak yang cukup jauh.
RFID tag standard mampu menyimpan data tidak lebih dari 128 bit. Sebagian besar memori tersebut dipakai untuk kode produk elektronik yang berisi informasi produsen, jenis produk, dan nomor serial. Karena setiap RFID tag adalah unik, maka dua buah makanan ringan dengan jenis yang sama akan memiliki kode yang berbeda, dimana sebaliknya jika menggunakan barcode semua produk sejenis akan menggunakan kode yang sama.
Setiap bagian Tag terdiri dari:
1. Silicon Microprocessor. Ini adalah sebuah chip yang terletak dalam sebuah tag yang berfungsi sebagai penyimpan data.
2. Metal Coil. Sebuah komponen yang terbuat dari kawat alumunium yang berfungsi sebagai antena yang dapat beroprasi pada frekuensi 13,56 MHz. Jika sebuah tag masuk ke dalam jangkauan reader maka antena ini akan mengirimkan data yang ada pada tag kepada reader terdekat.
3. Encapsulating Material. Encapsulating Matrial adalah bahan yang membungkus tag yang terbuat dari bahan kaca.
Berdasarkan tipenya RFID tag dibagi menjadi tiga, yaitu:
a. RFID tag aktif. RFID tag aktif, dimana tag tersebut diberi tenaga dengan menggunakan battery. Daya yang dibutuhkan oleh RFID tagsangat kecil, sehingga dari tag yang menggunakan battery tersebut dapat bertahan cukup lama (sampai battery habis). Bentuk RFID  aktif  umumnya  mem punyai ketebalan beberapa milimeter untuk tempat baterainya. Sedangkan ukurannya bervariasi,  ada   yang   sebesar uang logam Rp 1.000, ada yang berupa gantungan kunci, ada yang berupa kartu nama, dan lain-lain[10]. Kelebihan dari tag aktif adalah jarak jangkauan untuk alat pembacaan data dapat membaca data yang terdapat didalam tag dari jarak yang cukup jauh. Jarak jangkau RFID aktif ini ada yang menjanjikan dapat sampai 100 meter, namun kelemahannya adalah ukuran akan menjadi besar karena terdapat baterai tambahan.
b. RFID tag pasif. RFID tag pasif, dimana tag ini tidak menggunakan tenaga baterai (sumber energi diambil dari frekuensi yang dipancarkan oleh alat pemancar, dimana sistem kerjanya sama dengan lampu pada handphone yang menyala jika terdapat panggilan masuk), sehingga chip tersebut dapat dipergunakan selama-lamanya. Namun, kelemahan dari tagtipe ini adalah jarak jangkauan untuk alat pembaca data dapat membaca data yang terdapat didalam tag hanya berjarak beberapa cm. Untuk meningkatkan jarak baca pada chip tipe ini adalah dengan menambahkan antena external pada RFID tag tersebut.
c. RFID tag semi-aktif. RFID tag semi aktif bekerja dengan menggunakan sumber tenaga bagi sistem rangkaiannya, namun sumber tenaga tidak diperlukan untuk menyuplai pengiriman sinyal balasan. Keuntungan tag jenis ini adalah lama masa hidup batreai yang lebih lama daripada tag aktif.
2. RFID reader. RFID reader terdiri dari sebuah antena dan transceiver. Kerja yang dilakukan oleh RFID reader yaitu mengirimkan sinyal kepada transponder. Kemudian cara kerjanya sama dengan scaner barcode genggam seperti yang terdapat pada toko-toko sekarang.
Gambar RFID


E-CRM

Customer Relationship Management digunakan untuk medefinisikan proses menciptakan dan mempertahankan hubungan dengan customer-customer bisnis atau pelanggan. CRM adalah proses mengidentifikasi, menarik, membedakan dan mempertahankan customer. (Strauss, 2001, p285).


Tahapan Customer Relationship Management (CRM)

1. Mengidentifikasi customer

Informasi adalah penggerak CRM. Perusahaan mendapatkan informasi mengenai individual customer dari berbagai sumber (personal maupun automated) seperti force, customer service encounter, bar code scanners dan website. Semakin banyak informasi yang dimiliki perusahaan, semakin baik nilai yang bisa disediakan bagi setiap customer dan calon customer dalam hal keakuratan, ketepatan waktu dan dapat memberikan penawaran yang masuk akal.



2. Membedakan customer
Customer memiliki kebutuhan yang berbeda. Internet memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi untuk mengidentifikasikan berbagai kesamaan maupun perbedaan individu dan kelompok, kemudian menggukannya untuk meningkatkan keuntungan.
CRM memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sumber daya yang ada dan menerapkannya secara tidak sama terhadap customer yang paling menguntungkan. Ide yang baru ialah bahwa teknologi memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi high-value customer sehingga bisa memberikan penawaran secara real-time.


3. Menyesuaikan Marketing
Bila perusahaan telah mengidentifikasi dan membedakan customer berdasarkan karakteristik, behavior, kebutuhan atau nilai, perusahaan kemudian bisa menyesuaikan penawaran terhadap berbagai segmen atau individu.
Interaksi dengan customer adalah suatu yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan membedakan, serta untuk mengevaluasi keefektifan hasil penyesuaian marketing. (Strauss, 2001, p290)


Manfaat dari Customer Relationship Management


Keuntungan bagi Customer (Strauss, 2001, p298), banyaknya pilihan produk yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan membuat customer-customer sulit untuk membuat pilihan. Jagdish Sheth menulis bahwa dari sudut pandang customer, prinsip dasar dari CRM adalah pengurangan pilihan. Hal ini berdasarkan ide bahwa customer, ingin berlangganan pada toko, mall dan servis provider yang sama karena efesiensi yang didapatkan.



Tujuan Customer Relationship Management

tujuan dari CRM adalah untuk memperoleh hubungan dengan pelanggan yang dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, bagian pemasaran, penjualan dan pelayanan pelanggan harus bekerjasama lebih erat dalam sebuah teamwork dan saling berbagi informasi. 


Tujuan e-CRM

Kepuasan pelanggan adalah suatu tujuan utama dari sebuah sistem CRM yaitu untuk menghasilkan sebuah keputusan pelanggan terhadap perusahaan yang akhirnya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan itu sendiri. Tanpa adanya pelanggan makan dapat menyebabkan kerugian perusahaan yang akhirnya menyebabkan kebangkrutan. Oleh karena itu perusahaan harus mendeterminasikan siapa saja yang menjadi pelanggan dan karakterisktiknya.

E-Payment


E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms , atau online service seperti internet online banking.

Manfaat Penggunaan E-Payment
Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:
  • Meningkatkan efisiensi pembayaran
  • Meningkatkan customer loyality
  • Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
  • Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran

Kelebihan Penggunaan E-Payment
E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:
  • Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
  • Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
  • Lebih efektif dan efisien waktu
  • Memberikan keamanan dalam bertransaksi

Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment
Perusahaan dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan industri kepariwisataan nasional.

Perbandingan Antara Pembayaran Menggunakan E-Payment dengan Pembayaran Secara Konvensional
Jenis Transaksi ->  Proses Transaksi
1. E-Payment -> Menggunakan metode yang kompleks dalam melakukan proses pembayaran dan memiliki sistem keamanan sendiri (lebih aman)
2. Konvensional -> Pengisian formulir pembayaran dilakukan secara manual (keamanan tidak terjamin)

Kerugian Yang Mungkin Muncul
Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:
  • Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
  • Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik
  • Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi
  • Munculnya kejahatan baru
  • Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia
  • Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet

eBay

eBay muncul tahun 1995. Awalnya eBay adalah bagian dari sebuah situs pribadi milik Pierre Omidyar. Di situs itu eBay belum diberi nama eBay. Di situs itu, eBay hanya berbentuk semacam AuctionWeb. Pada mulanya situs ini didaftarkan sebai milik Echo Bay Technology Group yang juga dimiliki oleh Omidyar sebagai firma konsultasi. Kemudian ketika Omidyar mencoba mendaftarkan eBay dengan nama EchoBay.com, dia gagal karena nama itu sudah dimiliki oleh orang lain. Lalu dia mengganti namanya menjadi "eBay.com". Markas utama eBay berada di San Jose, California, United States. Semenjak tahun 1998, eBay dipimpin oleh Meg Whitman yang menjadi CEO dan Presidennya.


Contoh eBay penjualan melalui facebook





Sumber: 
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/business-economy/2224037-pengertian-ebay/

Supply Chain


Supply chain adalah aliran bahan, informasi, uang, dan Layanan dari pemasok bahan baku melalui pabrik dan Gudang untuk mengakhiri pelanggan.

Supply Chain parts
Upstream supply chain:  meliputi aktivitas dari suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya (yang mana dapat manufaktur, assembler, atau kedua-duanya) dan koneksi mereka kepada pada penyalur mereka (para penyalur second-trier). Hubungan para penyalur dapat diperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal material (contohnya bijih tambang, pertumbuhan tanaman). Di dalam upstream supply chain, aktivitas yang utama adalah pengadaan.
- Internal supply chain: Bagian dari internal supply chain meliputi semua proses pemasukan barang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi itu. Hal ini meluas dari waktu masukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam rantai suplai internal, perhatian yang utama adalah manajemen produksi, pabrikasi, dan pengendalian persediaan.
- Downstream supply chain: Downstream (arah muara) supply chain meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstream supply chain, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service.
Benefit of e-supply chain:
- order taking
- order fulfillment
- electronic payment
- managing risk
- inventories can be minimized

Mobile Banking

Arti istilah Mobile Banking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut atau disingkat dengan M-Banking. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.

Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.

Dari segi manfaat mungkin tidak sedikit manfaat yang bisa kita ambil dari fasilitas M-Banking ini, selain fasilitas yang lengkap seperti ATM kecuali pengambilan uang tunai, fasilitas ini pun dapat digunakan hampir disemua tempat kecuali tempat yang tidak ada signal handphone, karena sifatnya yang mobile/bergerak banyak sekali transaksi yang sering dilakukan di tempat tanpa harus antri di ATM ataupun datang ke Bank untuk sekedar mentransfer uang ataupun membayar tagihan.

Ada Baik pasti ada Buruk, ada manfaat pasti ada resiko hal ini tidak terkecuali pada fasilitas yang satu ini, untuk resiko sering kali terjadi karena mudahnya kita melakukan transaksi membuat sebagian orang lupa untuk mengontrol keuangan mereka, dan juga resiko terbesar yang mungkin terjadi ketika kita kehilangan handphone, karena seluruh bukti transaksi tersimpan di dalam handphone dan resiko ini memungkinkan “penarikan paksa” pada uang direkening kita.


Contoh Mobile Banking

e-banking

Pengertian E-Banking (Elektronik Banking)

E-banking dapat di definisikan sebagai jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronis seperti komputer/PC, laptop, PDA, ATM, atau telefon.



Contoh e-banking


1. Internet Banking, ini termasuk saluran teranyar e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa/produk bank, informasi saldo rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain. Kelebihan dari saluran ini adalah kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap tertampang di layar komputer/PC atau PDA.

2. SMS/m-Banking, saluran ini pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), dan pembelian voucher. Untuk transaksi lainnya pada dasarnya dapat pula dilakukan, namun tergantung pada akses yang dapat diberikan bank. Saluran ini sebenarnya termasuk praktis namun dalam prakteknya agak merepotkan karena nasabah harus menghapal kode-kode transaksi dalam pengetikan sms, kecuali pada bank yang melakukan kerjasama dengan operator seluler, menyediakan akses banking menu – Sim Tool Kit (STK) pada simcardnya.

3. Phone Banking, ini adalah saluran yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank via telepon. Pada awalnya lazim diakses melalui telepon rumah, namun seiring dengan makin populernya telepon genggam/HP, maka tersedia pula nomor akses khusus via HP bertarif panggilan flat dari manapun nasabah berada. Pada awalnya, layanan Phone Banking hanya bersifat informasi yaitu untuk informasi jasa/produk bank dan informasi saldo rekening serta dilayani oleh Customer Service Operator/CSO. Namun profilnya kemudian berkembang untuk transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain; serta dilayani oleh Interactive Voice Response (IVR). Fasilitas ini boleh dibilang lebih praktis ketimbang ATM untuk transaksi non tunai, karena cukup menggunakan telepon/HP di manapun kita berada, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain.

4. ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri, ini adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin ATM, kartu ATM dapat pula digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang, belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang, yang dikenal pula sebagai Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya.

Di balik kemudahan e-Banking tersimpan pula risiko, untuk itu diperlukan pengaman yang baik. Lazimnya untuk ATM, nasabah diberikan kartu ATM dan kode rahasia pribadi (PIN); sedangkan untuk Phone Banking, Internet Banking, dan SMS/m-Banking, nasabah diberikan kode pengenal (userid) dan PIN. Sebagai pengaman tambahan untuk internet banking, pada bank tertentu diberikan piranti tambahan untuk mengeluarkan PIN acak/random. Sedangkan untuk SMS Banking, nasabah diminta untuk meregistrasikan nomor HP yang digunakan.
Dengan beragamnya kemudahan transaksi via e-Banking, kini pilihan ada di tangan kita untuk memanfaatkannya atau tidak. Namun mengingat tidak semua bank menyediakan layanan-layanan tersebut, maka seberapa pintarkah bank kita? Untuk dapat bertransaksi pintar, kini saatnya memilih bank pintar kita, tentunya sesuai kebutuhan transaksi.

Senin, 21 Januari 2013

Internet Marketing

Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan World Wide Web.
Produk yang dipasarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain (affiliasi) dengan pembagian komisi dalam jumlah tertentu (sistem persentase). Pelaku internet marketing biasa disebut dengan Internet Marketer.
Di bawah ini tercantum jenis-jenis atau tipe-tipe internet marketing (e-marketing) .
Pemasaran secara online (e-marketing) dapat dikelompokkan dalam beberapa elemen yang tertulis pada poin-poin di bawah.
Setiap metode memiliki tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.



Tipe Internet Marketing


• Banner Advertisement (iklan melalui banner)
.
Jenis internet marketing ini ialah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels atau 200 x 200 pixels atau bisa juga disesuaikan dengan keadaan yang ada) yang dipasangkan pada website penyedia iklan atau website orang lain.
Iklan banner ini dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website atau blog Anda. Sebaiknya Anda harus menyajikannya semenarik mungkin supaya calon pembeli membeli produk Anda atau tertarik pada sesuatu yang ada pada website Anda.

• Sponsorship.
Jenis internet marketing ini adalah melakukan kegiatan tersebut untuk memikat calon pembeli,supaya benar-benar mau dan bersedia membeli produk dari Anda. Bisa dikatakan jika ada calon pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda maka Anda bisa memberikan bonus berupa link, uang, atau beberapa hal yang lain yang dirasa bermanfaat bagi pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda.

• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
.
Jenis internet marketing ini ialah seperti pada klasifikasi di surat kabar,koran, majalah. Klasifikasi online ialah cara yang sangat baik dan istimewa untuk memasang bisnis Anda yang ditujukan pada orang-orang yang siap untuk membeli produk Anda hasilkan. Kekuatan yang lebih hebat atau kelebihan atau bisa disebut keunggulan dari klasifikasi online dibandingkan dengan klasifikasi offline yaitu pengguna bisa mencari produk dengan cepat dan tepat dengan memanfaatkan form pencarian yang sudah terindeks dalam database.

• Email Marketing (pemanfaatan email).
Jenis internet marketing ini ialah pemasaran dengan memanfaatkan email pada penyebarannya. Email marketing bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu: 1) Dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Misalnya, ketika Anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online Mitra Jaya Langgeng Abadi, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini merupakan cara ampuh untuk menarik calon pembeli Anda untuk segera membeli produk dari Anda. 2) Dengan secara langsung mendistribusikan atau mengirimkan e-mail Anda kepada calon pelanggan atau calon pembeli yang berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sebaiknya Anda memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan. Hal itu dimaksudkan supaya calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik dalam menanggapi produk yang telah Anda tawarkan. 3) Anda bisa menyediakan fasilitas email subsriber pada website yang Anda miliki. Jika netter melakukan pendaftaran melalui e-mail subsriber yang ada pada website Anda, maka setiap kali Anda melakukan update pada website yang meliputi ( posting artikel atau produk ), maka email notifikasi bisa sampai kepada netter yang telah mendaftar secara otomatis dari setiap apa yang telah Anda update dari website Anda.

• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. contohnya ialah http://www.amazon.com.

• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Netter biasanya mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan Anda (usaha Anda) belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo). Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs Anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo, apalagi pada halaman pertama . Banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya website yang Anda miliki terindeks pada mesin pencari tersebut (Google atau Yahoo) yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO).

• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial).
Berbagai situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp bisa Anda gunakan sebagai senjata e-marketing yang ampuh dan dahsyat. Facebook dan Friendster menyediakan fasilitas embed audio dan video. Selain itu beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip ialah www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.YouTube.com, dan www.Grouper.com. Memanfaatkan situs jejaring sosial merupakan cara efektif dan ampuh untuk mendemonstrasikan atau menunjukkan kemampuan pengetahuan dan komunikasi Anda untuk mendapatkan calon pembeli. Begitu banyak situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Akan tetapi Anda harus hati-hati, lebih baik Anda tidak menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut bisa menjadi hal yang mengecewakan orang lain dan membuat orang lain beranggapan bahwa Anda tidak bisa menghargai orang lain.

Contoh Internet Marketing

1. Toko versi online dari perusahaan dan toko ritel yang menjual barang-barang di dunia nyata. Biasanya pembeli yang tidak langsung membeli secara online menggunakan situs ini khusus untuk mengumpulkan informasi produk sebelum melakukan pembelian di dunia nyata.

2. Layanan jasa berbasis online - berbagai industri telah beralih ke online mulai dari kencan, perjalanan, perbankan dan bahkan jasa mendapatkan gelar sarjana. Anda bisa mendapatkan layanan ini sebagai ekstensi untuk salah satu industri jasa.

3. Produk berbasis internet oleh Para Ahli Internet Marketing - Pemasaran melalui internet memiliki beragam perintis dan pemasar sukses yang telah memulai metode dan teknik dalam pemasaran online mencakup antara lain pembuat situs web, iklan, artikel dan lain-lain.


4. Promosi online dan iklan, termasuk program pay-per-klik (seperti : Google AdWords) yang berdasarkan perincian kata kunci, yang menjadi kekuatan pendorong utama di balik sebagian besar transaksi keuangan berbasis online.
5. Pemasaran afiliasi (affiliate marketing), anda akan bergabung dengan program afiliasi dan mempromosikan produk dan jasa melalui internet. Anda akan mendukung produk atau layanan, menemukan klien potensial bagi perusahaan afiliasi, dan anda akan menerima komisi tertentu untuk setiap penjualan. Komisi yang akan diterima adalah sekitar 2-50 persen, tergantung pada syarat dan kondisi yang dinyatakan di bawah program afiliasi. Satu  klik afiliasi dapat menghasilkan beberapa seb hingga ratusan dolar.